Kamis, 23 Desember 2021

Alhamdulillah, Hanifah Nur Hasanah Siswa MODELSKA Juara 1 MHQ OlyimpicAD se-Jawa Tengah

Setelah melalui perjuangan yang panjang, akhirnya kandidat OlympicAD Jawa Tengah cabang Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) asal SMP Muhammadiyah 8 Surakarta yaitu ananda Hanifah Nur Hasanah berhasil meraih juara 1. Babak final yang dilangsungkan di Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) berlangsung hari ini (23/12) dan diikuti oleh15 finalis untuk cabang MHQ. Pengumuman pemenang ini disampaikan langsung setelah seluruh peserta telah tampil di depan para juri. 

Pada lomba cabang MHQ ini peserta akan memilih amplop soal yang nantinya akan dibacakan oleh juri. Dari soal yang telah dibacakan juri, peserta diminta untuk melanjutkan ayat berikutnya. Adapun kriteria penilaian di babak final ini di antaranya kelancararan (0-45), fasohah/tajwid (0-45), dan adab (0-15). Dari ketiga kriteria tersebut kemudian diakumulasi dan diberi peringkat berdasarkan jumlah nilai total para finalis.

“Alhamdulillah, perasaan saya yang pasti bersyukur, senang, terharu, dan merasa bangga dengan diri saya sendiri. Ini adalah pencapaian terbaik saya selama ini. Meskipun demikian, saya tidak merasa berpuas hati. Saya berharap semoga dapat menorehkan prestasi di perlombaan-perlombaan lainnya,” ungkap Hanifah Nur Hasanah yang kerap disapa Hanifah melalui pesan whatsapp.

Kabar gembira yang disampaikan oleh kepala SMP Muhammadiyah 8 Surakarta, Rusmanto, S.Pd.I, M.Pd.I. melalui whatsapp group GTK ini menuai tanggapan yang sangat meriah. Seluruh guru dan tenaga kependidikan SMP Muhammadiyah 8 Surakarta turut bergembira atas keberhasilan siswa kelas 8A ini. 

“Alhamdulillah, barakallah. Perjuanganmu akhirnya sampai juga nak,” tutur pendamping MHQ SMP Muhammadiyah 8 Surakarta, Ustadz Syaeful Anwar, S.Pd.I. Beliau juga menuturkan 3 kunci keberhasilan Hanifah yaitu memberikan pelatihan secara terjadwal dengan target tiap pertemuan seperempat juz, memberikan penjelasan dan motivasi bahwa murojaah atau pengulangan adalah kunci dari semua hafalan, dan melibatkan Allah dalam menghafal (berdoa) meminta penjagaan hafalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar