Jumat, 31 Desember 2021

Kreatif, Siswa Kembangkan Kuliner SEGORANG

Solo. Kebutuhan manusia akan pangan harus terus terpenuhi.Salah satu kebutuhan manusia akan pangan adalah nasi sebagai kebutuhan pokok. Tidak semua orang bisa menikmati nasi karena kandungan gula yang cukup tingi. Berdasarkan latar belakang hal tersebut, menjadi motivasi bagi siswa SMA Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat melakukan inovasi bidang pangan berupa SEGORANG, yakni Sego Porang sebagai pengganti beras dalam bentuk bulir (grain).

Saffa Naura dan Aliya farah, adalah siswa SMA Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat yang mencoba berinovasi di bidang pangan tersebut. Kamis,(30/12/2021) Saffa dan Aliya menceritakan tujuan, proses dan kelebihan manfaat produk tersebut kepada tim humas sekolah.Adapun tujuan pengembangan inovasi produk ini adalah dapat menciptakan peluang usaha, menciptakan inovasi produk pangan baru yang sehat, dan meningkatkan taraf kehidupan berupa kesehatan dan kesejahteraan petani Porang.

Porang memiliki kandungan karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin, dan serat pangan. Pengembangan penyajian Porang dapat menjadi beberapa bentuk seperti bulir kecil, tepung dan padatan. Kelebihan produk Porang bila dilihat dalam persfektif bisnis sangat prosfektif. Selain menyehatkan, inovasi dalam bentuk bulir bisa menjadi daya tarik konsumen, ujar Aliya.

Mempertimbangkan berbagai referensi dari Porang, menjadikan Aliya dan Saffa berikhtiar membuat produk inovasi dari Porang. Salah satu ikhtiar yang dilakukan  adalah mengikuti olimpiade Ahmad Dahlan tingkat SMA/SMK/MA Jawa Tengah dalam bidang Business Plan dengan mengangkat judul SEGORANG.ID (Sego Porang-Inovasi dari Bahan Pengganti Beras dalam bentuk Bulir/Grain). Alhasil, dari keikutsertaan mereka membuahkan hasil prestasi berupa juara 3 dalam olimpiade tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar