Jumat, 14 Januari 2022

Asyiknya belajar tematik Sekolah Kreatif SD Muh. 18 Surakarta

 

Kamis (13/01/2022), Pada pembelajaran tematik di kelas 4 diawali dengan muatan pembelajaran IPA yang membahas tentang Penggolongan Hewan Berdasarkan Makanannya. Guru kelas 4 menyampaikan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berupa Taman Satwa. Taman Satwa merupakan media pembelajaran konvensional yang dimainkan secara langsung oleh peserta didik.

Media tersebut memiliki komponen pion, tempat singgah, dan tempat berkumpul. Dimana pionnya terdiri dari beberapa macam hewan yang nantinya dimainkan oleh peserta didik untuk ditempatkan pada tempat singgah dari tempat berkumpul. Tempat singgah pion hewan tersebut berupa kotak Herbivora, Karnivora, dan Omnivora. 

Sebelum pembelajaran menggunakan media Taman Satwa dimulai, guru menyampaikan muatan pelajaran Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya secara singkat kepada peserta didik. Setelah peserta didik mendapatkan materi pembuka, mulailah mereka menggunakan media Taman Satwa untuk lebih memahami lagi muatan pelajaran yang dipelajari hari ini. Peserta didik dibagi menjadi 4 kelompok yang akan memainkan Taman Satwa tersebut. Dari 4 kelompok yang sudah mempresentasikan hasil diskusinya, nilai pemahaman akan muatan pelajaran IPA hari ini sudah cukup memuaskan karena diperoleh nilai terendah 80 dan nilai tertinggi 90. Dengan begitu menunjukkan bahwasannya peserta didik lebih cepat menerima muatan pelajaran yang disampaikan apabila menggunakan media pembelajaran yang sesuai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar