Senin, 03 Januari 2022

Baarakallah! 16 Peserta Didik SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Ikuti Munaqosah Tahfidz Juz 1, 28, 29, dan 30

Salah satu program unggulan SMP Muhammadiyah 8 Surakarta adalah Halaqah Tahfidz. Alhamdulilah, kemarin Jumat (31/12/21) telah berlangsung dengan lancar kegiatan Munaqosah Tahfidz di Aula SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Munaqosah tahfidz ialah kegiatan yang diadakan secara rutin selama tiga bulan sekali yang ditujukan untuk mengukur kemampuan hafalan peserta didik yang mengikuti halaqah tahfidz. Pada munaqosah tahfidz tahun ajar 2021/2022 periode kedua terdapat 16 peserta didik yang mengikuti munaqosah dari kelas IT maupun reguler. 

Secara rinci, terdapat 13 peserta didik yang mengikuti munaqosah tahfidz juz 30, satu peserta munaqosah tahfidz juz 29, satu peserta munaqosah tahfidz juz 28, dan satu peserta munaqosah tahfidz juz 1. Pada saat latihan, peserta didik juz 30 dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi putra dan putri. Hal ini dilakukan mengingat jumlah peserta didik yang cukup banyak. Adapun prosesi inti munaqosah tahfidz ialah peserta munaqosah juz 30 maju kemudian secara bersama-sama melantunkan surat Al-Ghasyiyah yang merupakan surat wajib. Setelah itu masing-masing peserta diminta mengambil posisi di depan lalu memilih nomor soal yang tersedia di layar proyektor. Soal yang dipilih berisi tiga butir soal kemudian dibacakan penguji lalu peserta menjawab ayat-ayat setelahnya.

Setelah seluruh peserta juz 30 tampil, peserta munaqosah juz 29 maju membacakan surat Al-Qalam, dilanjutkan menjawab soal sambung ayat. Hal serupa juga berlaku bagi peserta munaqosah juz 28 dengan surat wajib Al-Jumuah, dan peserta munaqosah juz 1 yang membacakan surat Al-Baqarah ayat 1-16. Meskipun soal dibuat oleh pengampu halaqah, tidak ada pembocoran soal kepada peserta munaqosah. Hal ini dibuktikan dengan nomor soal yang bisa dipilihkan oleh orang tuanya masing-masing yang turut diundang dalam munaqosah sekaligus membacakan soal kepada peserta munaqosah. Selain untuk membuktikan tidak ada rekayasa dalam pelaksanaan, juga untuk menciptakan suasana yang cair dan interaktif dalam majelis tersebut.

"Alhamdulilah pada kesempatan yang berbahagia ini telah terlaksana kegiatan munaqosah juz 1, juz 28, juz 29, dan juz 30. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ustadz dan ustadzah SMP Muhammadiyah 8 Surakarta yang telah memfasilitasi kegiatan tahfidz untuk anak-anak. Saya berbahagia karena agenda hari ini terlaksana dengan baik. Alhamdulilah anak saya sudah menyelesaikan 3 juz. Sebagai tips, di keluarga kami antara waktu magrib dan isya tv off dan diganti dengan kegiatan murojaah dan tambahan hafalan surat. Kami juga melaksanakan murojaah setelah shalat subuh. Semoga ke depannya kegiatan halaqah tahfidz di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta tetap terlaksana dengan baik dan mampu mencetak generasi qur'ani", ungkap Novi Latifatul Janah, orang tua Ananda Hanif Wildan Romadhon, Jumat (31/12/21).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar