Jumat, 14 Januari 2022

Baarakallah, Aisyah Asal SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Juara 2 Lomba Musabaqoh Murottal Irama Nahawand Juz 30

Siti Nur Aisyah, peserta didik asal SMP Muhammadiyah 8 Surakarta berhasil menyabet juara dua lomba Musabaqoh Murottal Irama Nahawand Juz 30. Lomba yang diadakan oleh Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surakarta ini diadakan di Aula gedung Balai Muhammadiyah, Rabu (12/1/22).

Perlombaan ini dikategorikan dalam tiga jenjang, yaitu jenjang SD, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA. Adanya lomba ini ialah untuk membumikan irama nahawand yang menjadi ciri khas di perguruan Muhammadiyah. Untuk jenjang SMP/MTs, surat yang wajib dibaca adalah surat Ad-Dhuha dilanjutkan dengan surat pilihan di antaranya surat At-Tariq, Al-A'la, atau Al-Alaq. 

"Alhamdulilah, saya merasa senang dengan hasil yang saya peroleh. Saya juga merasa bangga karena dapat menyumbangakan prestasi dan mengharumkan nama baik sekolah. InsyaAllah saya siap dan semangat untuk mengikuti lomba murottal yang selanjutnya," ungkap Siti Nur Aisyah, Kamis (13/1/22). 

Yang menjadi pembeda antara satu jenjang dan jenjang lainnya selain surat yang dibacakan juga pola irama yang digunakan. Pada jenjang SD pola yang digunakan bebas, jenjang SMP/MTs wajib menggunakan pola dua, dan di jenjang SMA/SMK/MA harus menggunakan pola tiga.
"Kami senang dengan adanya lomba irama Nahawand ini. Bakat dan minat anak dalam bidang murottal dapat tersalurkan dengan baik. Harapannya, akan muncul bibit-bibit qari'-qari'ah irama nahawand di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta," ungkap Nazmah, S.Ud. selaku Koordinator Al-Islam dan Kemuhammadiyahan SMP Muhammadiyah 8 Surakarta.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar