Kamis, 20 Januari 2022

Hidupkan Kembali Tadarus Juz Amma, Upaya untuk Terus Membumikan Al-Quran di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta

Dalam upaya membumikan Al-Quran di lingkungan SMP Muhammadiyah 8 Surakarta, Tim Al-Islam dan Kemuhammadiyahan SMP Muhammadiyah 8 Surakarta menghidupkan kembali kegiatan tadarus Al-Quran juz 30 di pagi hari. Kegiatan ini digiatkan kembali sejak hari Senin (17/1/22) dengan materi bacaan surat An-Naas hingga Al-Fiil dan materi ini akan terus dibaca selama satu minggu. Di minggu selanjutnya akan dilanjutkan surat lain yang akan diulang-ulang selama seminggu.

Pada pukul 07.00 peserta didik sudah duduk rapi di kelas masing-masing dann membuka Al-Quran yang telah dibawa. Pada masing-masing kelas akan ada wali kelas yang mendampingi proses berlangsungnya tadarus. Kegiatan tadarus ini akan dipimpin oleh salah satu tim AIK melalui microphone pusat yang speakernya sudah terhubung di masing-masing kelas.

Bukan hanya peserta didik, guru yang bukan wali kelas juga turut membaca Al-Quran di kantor guru. Semua hidmat dalam membaca Al-Quran masing-masing. Kegiatan ini memang tidak hanya diwajibkan bagi peserta didik, tetapi seluruh warga sekolah termasuk guru dan tenaga kependidikan SMP Muhammadiyah 8 Surakarta.

"Adanya kegiatan tadarus ini selain bernilai ibadah diharapkan mampu menjadi sarana murojaah Juz Amma baik bagi peserta didik maupun GTK di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Kami merencanakan kedepannya yang akan memimpin kegiatan ini tidak hanya dari tim AIK tetapi merata ke seluruh GTK agar seluruhnya dapat terlibat dalam rutinitas keislaman di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta," ungkap Koordinator Al-Islam dan Kemuhammadiyahan SMP Muhammadiyah 8 Surakarta, Nazmah, S.Ud. Rabu (19/1/22).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar