Sabtu, 08 Januari 2022

Meskipun PTM Terbatas, Tidak Mengurangi Keseruan Belajar Siswa

Solo. Pembelajaran kreatif dan menyenangkan bisa menjadikan siswa antusias belajar meskipun dalam keadaan tatap muka terbatas. Kondisi dan situasi masa pandemi tidak menjadi penghalang sekolah  dan guru dalam usaha menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Hal ini tampak pada salah satu ruang kelas di SMA Muhammadiyah program Khusus Kottabarat Surakarta. Pagi itu, Jumat (07/01/2022) di ruang laboratorium IPA sedang berlangsung pembelajaran Biologi dengan tema sitem pernafasan manusia.

Terlihat salah satu siswa kelas XI Mipa, Zaed sedang melakukan praktek sistem pernafasan manusia di depan teman-temannya. Zaed menjelaskan bahwa pernafasan itu merupakan proses pertukaran gas dari mahluk hidup dengan gas di lingkungan. Termasuk proses respirasi dijelaskan juga oleh Zaed. Bahwa respirasi merupakan perombakan bahan makanan menggunakan oksigen. Dalam pertemuan KBM Biologi ini, siswa diajak praktek pernafasan dada dan pernafasan perut.

Sementara itu, M Firman Cahya Permana selaku guru Biologi mengatakan kepada tim humas bahwa pembelajaran dengan tema sistem pernafasan manusia akan menarik jika siswa juga melakukan praktik. Guru sebagai fasilitator,harus mampu menyajikan desain pembelajaran aktif dan menarik agar siswa mampu memahami dan menguasai materi, ujar Firman. Visualisasi materi dan praktik langsung bagi siswa akan berdampak pada pemahaman materi yang lebih baik jika dibandingkan dengan hanya hafalan saja. Terlebih kondisi pembelajaran tatap muka yang terbatas saat ini, guru tidak boleh kehabisan ide dalam desain proses pembelajaran siswa, pungkas Firman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar