Senin, 10 Januari 2022

Sharing Aktivitas Harian, Bagaimana Adab Bercanda?

 

Solo. Hari Sabtu pagi, (08/01/2022) kelas XI SMA Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta melakukan aktivitas pagi bersama guru tim kelas XI secara online sebelum melakukan kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan yang dinamakan “Sapa Pagi” ini menjadi wadah untuk refleksi diri. Beragam kegiatan seperti motivasi, khitobah siswa,  konseling, dan membaca Al-qur’an menjadi aktivitas yang mewarnai di setiap kegiatan “Sapa Pagi” ini.

Pagi itu, terlihat aktivitas sharing motivasi yang disampaikan guru kelas XI. Ustazah Tina Indri Astuti memulai motivasi pagi dengan menghadirkan contoh-contoh harian di sekitar lingkungan terkait candaan. Bercanda merupakan salah satu kebutuhan manusia setelah melakukan aktivitas yang melelahkan. Terkadang bercanda bisa menjadi hiburan dan penyegaran untuk kembali bersemangat, ujar Tina. Akan tetapi, bercandanya seorang muslim tentu ada adab-adab dan batasan yang perlu diperhatikan.


Sharing tema “Bercanda” yang disampaikan Ustazah Tina mengingatkan kepada kita semua selaku umat muslim harus memperhatikan adab seperti meluruskan tujuan sebagai penyemangat, tidak boleh melebihi batas yang melecehkan diri sendiri dan orang lain, jangan bercanda untuk hal yang serius, jangan bercanda dengan orang yang tidak suka bercanda, bercanda jangan mengandung kebohongan, jangan menggunakan kata-kata buruk serta tidak melecehkan syiar agama dan pihak lain, ungkap Tina kepada siswa kelas XI.

Motivasi dan sharing pagi ini diharapkan akan menjadi wahana untuk refleksi diri terkait aktivitas harian yang dilakukan siswa. Hal ini juga sebagai bentuk pendidikan karakter yang ditanamkan kepada siswa melalui refleksi dan motivasi pagi, ujar Tina kepada Humas Sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar