Senin, 03 Januari 2022

SMK Muhammadiyah 5 Surakarta kirimkan siswa PKL ke PT Ternama di Solo

Pertama setelah pandemi melandai, SMK Muhammadiyah mengirimkan siswa siswinya untuk melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di beberapa PT ternama di Solo. PT Dan Liris dan PT Jaya Asri Garmindo menjadi pilihan lokasi penempatan PKL. Beberapa PT ternama tersebut digadang-gadang sudah bermitra dengan SMK Muhammadiyah 5 Surakarta selama beberapa tahun. PKL menjadi salah satu program yang disepakati dari kerjasama yang dilakukan SMK Muhammadiyah 5 Surakarta dengan beberapa PT ternama tersebut.

PKL merupakan program yang wajib dilaksanakan oleh kelas XI pada satuan pendidikan SMK. Kegiatan ini menjadi pembelajaran sekaligus pelatihan bagi siswa untuk merasakan terjun secara langsung dalam dunia usaha ataupun industri. hal demikian menjadi penting bagi siswa supaya mampu mengabstraksikan langkah ke depan setelah nanti selesai menjajaki pendidikan di SMK.

Senin, 03 Januari 2022 secara serentak SMK Muhammadiyah 5 Surakarta mengirimkan siswa siswinya kelas XI untuk PKL ke PT Dan Liris, PT Jaya Asri Garmindo, CV Aira Collection dan CV. Wahyu Luluk Collection. Ceremony singkat dan sederhana yang dilaksanakan di sekolah sembari memberikan pembekalan menjadi bagian awal sebelum pemberangkatan. “jalani PKL ini dengan sepenuh hati. Karena PKL sangat penting bagi kalian untuk mengimlementasikan materi yang sudah di dapat di sekolah, membentuk pola pikir inovatif untuk membaca peluang usaha ke depan, membentuk etos kerja, belajar berkomunikasi secara profesional di dunia kerja dan untuk menambah serta mengembangkan ilmu kalian.” himbau Nita selaku ketua K3 SMK Muhammadiyah 5 Surakarta kepada siswa siswi peserta PKL.

Siswa dibagi menjadi 4 kelompok dengan rasio: 6 siswa untuk CV. Aira Collection dan CV. Wahyu Luluk Collection, 16 siswa ke PT. Jaya Asri Garmindo dan 30 siswa untuk PT. Dan Liris. Pembagian ini ditentukan oleh permintaan dari masing-masing mitra dunia kerja.

Sesampai di PT Dan Liris, siswa diberi motivasi dan juga pengarahan tentang tata tertib yang harus di taati selama di lingkungan industri. “dapat melaksanakan PKL di PT Dan Liris ini merupakan kesempatan yang tidak mudah di dapat. Harus melalui beberapa tahap terlebih dahulu, maka dari itu kalian (siswa PKL) bersyukurlah, dan jadikan PT ini sebagai tempat untuk mencari ilmu. Adapun profit yang akan kalian dapat ialah kelak ketika kalian sudah lulus dan ingin bergabung dengan PT Dan Liris, maka hal itu akan kami permudah.” Ujar Dadang Ketua BLK PT Dan Liris memberi semangat.

 Penulis: Fitri Cahyanto (Humas SMK Muh 5 Ska)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar