Kamis, 17 Februari 2022

SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Gelar Ujian Praktik Sekolah dengan Pematuhan Protokol Kesehatan

Rabu (16/2/22) SMP Muhammadiyah 8 Surakarta selenggarakan ujian praktik sekolah. Ujian praktik ini diikuti oleh seluruh peserta didik SMP Muhammadiyah 8 Surakarta mulai dari kelas 7, 8, dan 9. Ujian ini akan dilangsungkan selama empat hari, mulai dari Rabu (16/2/22) hingga Selasa (22/2/22). Dengan tetap memperhatikan kondisi pandemi, ujian praktik dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan dan dilaksanakan dengan pembagian shift. 

Terdapat perbedaan mata pelajaran yang diujikan dalam ujian praktik ini. Untuk kelas 7, mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia dan PAI. Untuk kelas 8, mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Inggris dan PAI. Lalu untuk kelas 9, mata pelajaran yang diujikan lebih banyak, meliputi  IPA, IPS, Bahasa Jawa, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, olahraga, seni budaya, prakarya, dan PAI. 

Di hari pertama, peserta didik kelas 7 sudah mengikuti ujian praktik PAI. Ujian praktik ini meliputi praktik wudhu, sholat, dan membaca Al-Quran. Kemudian peserta didik kelas 8 telah melaksanakan ujian Bahasa Inggris berupa praktik membaca berita (news reading). Adapun peserta didik kelas 9 ujian yang telah dilalui yaitu IPA, IPS, dan Bahasa Jawa. 

"Tujuan diselenggarakan ujian praktik ini adalah untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam mempraktikkan apa yang sudah diajarkan oleh Bapak/Ibu guru. Dengan adanya beragam mata pelajaran yang diujikan diharapkan mampu meningkatkan kemampuan peserta didik berbicara di depan umum, berwirausaha, kemahiran dalam melaksanakan ibadah, dan juga kreativitas peserta didik. Selain itu, peserta ujian juga akan mendapatkan umpan balik berupa komentar dan juga masukan agar segala bentuk kekeliruan/kekurangan yang ada pada saat ujian dapat diperbaiki baik oleh peserta didik maupun pihak sekolah. Ujian praktik ini juga merupakan bentuk tanggung jawab SMP Muhammadiyah 8 Surakarta kepada ananda yang telah dititipkan di sekolah ini agar nantinya akan tercetak generasi yang mempunyai kemampuan dan keterampilan sehingga bermanfaat bagi masyarakat sekitar," ungkap ketua ujian praktik SMP Muhammadiyah 8 Surakarta, Purmoko, S.Kom. Rabu (16/2/22).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar