Selasa, 08 Februari 2022

Sosialisasi Gelar Karya Project 2 dengan Tema Kewirausahaan

Hari ini, Senin 7 Februari 2022 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta melaksanakan kegiatan sosialisasi projek penguatan profil pelajar pancasila. Untuk gelar projek kedua ini, sekolah mengambil tema tentang Kewirausahaan. Kegiatan dilaksanakan secara online.

Dalam kegiatan kewirausahaan ini, anak-anak diharapkan untuk mampu mengolah limbah yang ada di sekelilingnya untuk dijadikan karya yang bisa dimanfaatkan kembali untuk kehidupan sehari-hari. Limbah yang dimaksud adalah limbah kayu, limbah kertas, limbah alam, dan juga limbah plastik.

Proses pembuatan karya ini diharapkan bisa memunculkan jiwa kewirausahaan bagi seluruh peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Dengan tahapan projek, sosialisasi yang dilakukan hari ini, setelah sosialisasi untuk 3 hari ke depan, anak-anak diharapkan sudah bisa menemukan ide apa yang akan dikerjakan sesuai tema masing-masing. Setelah menemukan ide, mereka bisa langsung melakukan proses pembuatan sampai akhirnya nanti melaporkan hasilnya dengan mengumpulkan karya yang telah dibuat. Sebelumnya, mereka harus membuat proposal yang harus dikonsultasikan dengan guru pembimbing.

Projek untuk tema kedua ini dikoordinatori oleh Ibu Siti Lestari, S.Pd. dan Bapak Inmas Indratama, S.Pd. Dalam pelaksanaannya, Beliau berdua dibantu oleh beberapa guru pembimbing yaitu, untuk limbah kayu dibantu Pak Triyanta Wahyu Nugraha, S.Sn. dan Bapak Agus Nur Salim, S.Pd., untuk limbah Kertas dibantu oleh Ibu Endang Pujiati, S.Pd. dan Bapak Achmad Toha, S.Ag., untuk limbah alam dibantu oleh Ibu Drs. Hj. Willys Sari Listiyani, M.Pd. dan Ibu Ika Setiyani, S.Pd.I., untuk limbah plastik dibantu oleh Ibu Ayu Perdanasari, S.Pd. dan Ibu Nihayah, S.Sos.

Ibu Drs. Willys Sari Listiyani, M.Pd., dan Ibu Ika Setiyani, S.Pd.I., sebagai pembimbing untuk limbah alam yang membawahi 35  peserta didik kelas X 3 memberikan uraian tentang limbah. Meski limbah adalah barang yang sudah tidak berguna atau tidak digunakan lagi tetapi kita bisa memanfaatkan untuk menjadi sesuatu yang lebih berguna. Untuk limbah alam peserta didik bisa berkreasi dengan menggunakan benda-benda misalnya daun kering, kulit siput, tulang hewan/ikan, kulit buah-buahan atau dari biji-bijian. Peserta didik diharapkan dapat membuatnya menjadi dekorasi atau mengolahnya menjadi makanan.

Pembuatan karya kewirausahaan ini diharapkan nantinya akan bisa dipamerkan pada akhir bulan Februari nanti. Selamat berkarya ya sahabat muhiska kelas X semuanya. Semoga sukses. Jayalah selalu Muhiku...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar