Jumat, 04 Maret 2022

PTS DAN PAT DILAKSANAKAN MELALUI DARING

SMA Muhammadiyah 2 Surakarta, melakukan kegiatan Penilaian Tengah Semester untuk kelas X dan XI, serta Penilaian Akhir Tahun Untuk kelas XII yang dilaksanakn pada hari Rabu, 2 Maret 2022 sampai hari Kamis, 17 Maret 2022. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang ditempuh tiap tahun ajaran. Pada kegiatan kali ini SMA Muhammadiyah 2 Surakarta memutuskan untuk melakukan penilaian melalui Daring.

Dewi Wulandari, S.Pd., selaku ketua panitia PTS dan PAT mengatakan bahwa awalnya kegiatan PTS dan PAT ini akan dilaksanakan melalui PTM terbatas yaitu siswa dibagi menjadi 2 kloter atau PTM 50% sesuai edaran CABDIN. Akan tetapi, kondisi siswa dan guru di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta yang setiap hari ada yang sakit, maka PTS dan PAT diputuskan dilakukan secara DARING / dikerjakan di rumah masing-masing menggunakan aplikasi. keputusan memberlakukan DARING karena untuk mencegah penyebaran Omicron yang sedang naik signifikan di daerah Kota Solo. Harapannya dengan pemberlakuan DARING tersebut, semua siswa dapat istirahat, menjaga kesehatan dan fokus mengerjakan soal di rumah.

Pemberlakuan DARING dalam mengerjakan soal tidak mengurangi rasa hikmat siswa. Karena siswa sudah terbiasa mengerjakan soal melalui aplikasi. Iqbal Tantowi selaku koordinator pelaksanaan tes online mengatakan bahwa aplikasi yang digunakan siswa sudah sangat sederhana mudah digunakan dan ringan, sehingga tidak menyedot banyak paket data siswa. Guru juga diringankan karena  tidak perlu mengoreksi jawaban siswa satu per satu. Aplikasi ini bernama CBTmu yang mampu menampung peserta tes sebanyak 3000 (tiga ribu) peserta. CBTmu bukan merupakan aplikasi baru karena sudah ada sejak tahun 2018 dan SMA Muhammadiyah 2 surakarta sudah sejak lama menggunakan aplikasi ini.
Agenda PTS dan PAT hari pertama ini berjalan dengan lancar. Semua siswa menyambut dengan semangat, terbukti dalam mengerjakan Tes Online nyaris tidak ada yang terlambat LOGIN. Hanya sedikit siswa yang terlambat karena gangguan teknis. 

Walaupun dalam mengerjakan PTS dan PAT di rumah masing-masing, SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tetap membuat peraturan untuk mengatur siswa agar dapat mengikuti tes dengan lancar dan tertib. Salah satunya memberlakukan sanksi kepada siswa yang 3 kali terlambat login selama ≥10 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar