Kemajuan teknologi akibat revolusi industri 5.0 saat ini memberikan kontribusi yang sangat besar kepada masyarakat. Salah satu produk dari kemajuan teknologi tersebut adalah internet. Terutama pada kondisi pandemi Covid 19 internet membantu masyarakat untuk tetap selalu melakukan aktifitas. Begitu pula dengan kegiatan pembelajaran secara daring. Namun saat ini telah dilakukan kegiatan pembelajaran tatap muka terbatas. Dampak dari terlalu lamanya kegiatan pembelajaran ini membuat siswa terlalu nyaman dengan kegiatan pembelajaran. Oleh sebab itu, maka perlu inovasi dalam kegiatan pembelajaran yang memberikan semangat baru dan motivasi kepada siswa.
Inovasi yang dilakukan oleh seorang guru PPKn di MTs Muhammadiyah Surakarta adalah membuat media pembelajaran QR Game, dimana permainan ini sangat menyenangkan untuk dimainkan bersama-sama siswa lain. Selain itu keterikatan dan meningkatnya kemampuan teknologi siswa, membuat permainan QR Game menjadi media berbasis teknologi. Prinsip QR Game ini hampir sama dengan permainan monopoli namun yang membedakan adalah siswa harus menjawab pertanyaan dengan menscan barcode yang ada di papan permainan.
Berkat media pembelajaran tersebut membawa miss Tami (Fitria Utami, S.Pd., Gr) menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan diseminasi karya media pembelajaran yang diselenggarakan oleh Komunitas Media pembelajaran Jawa Timur. Miss Tami menyakini dengan menjadi narasumber ini dapat memberikan kontribusi dalam dunia pendidikan serta menjadi inspirasi dalam berinovasi dalam media pembelajaran. (TM)
0 comments:
Posting Komentar