Senin, 10 April 2023

Buka Puasa Pertamaku di SD Muhammadiyah 2 Surakarta

Siswa kelas 1-3 A,B,C SD Muhammadiyah 2 Kauman, Surakarta (SD Mudaka) melaksanakan kegiatan pesantren Ramadhan pada Kamis, 6 April 2023. Kegiatan  dimulai pukul 13.30 dengan rangkaian kegiatan belajar wudhu dengan benar dan bacaan salat serta gerakannya yang benar. Setelah salat Ashar dilanjutkan tadarus dan hafalan Al Qur'an.

Kegiatan yang paling seru adalah berkumpul di depan panggung untuk menyaksikan cerita Islami dan sulap yang dibawakan oleh Mbah Kriyo Semanggi. Mbah Kriyo menyampaikan bahwa sulap itu menggunakan trik-trik khusus sehingga bukan gaib. Siswa-siswa antusias dan menebak benda yang dihilangkan serta dimunculkan oleh pesulap. 

Nur Alim, S.S Waka Al Islam dan Kemuhammadiyahan sekaligus koordinator kegiatan menyampaikan kepada siswa agar ilmu dan pengetahuan yang disampaikan ustadz/ustadzah tiap kelompok-kelompok tadi, bisa diterapkan, diamalkan, dipraktikkan sehari-hari. 

Hal yang paling ditunggu pun tiba. Adzan berkumandang. Saatnya berbuka puasa. Meskipun masih kecil-kecil, banyak lho siswa kelas 1 yang kuat puasa sehari penuh. Ini juga menjadi buka puasa pertama bagi mereka. Pengalaman pertama yang berkesan dan menyenangkan di SD Mudaka.

Insya Allah tahun depan berjumpa Ramadhan lagi sehingga bisa mengikuti kegiatan di SD Mudaka yamg lebih seru lagi. Menurut penuturan mereka, inginnya ya buka bersama seperti ini terus, makanannya juga enak-enak. Ini merupakan partisipasi orang tua siswa (paguyupan walimurid) yang mendukung program sekolah  demi kemajuan bersama. 

Kepala SD Mudaka, Taufik Saleh, S.Ag. mengucapkan terima kasih atas kerja sama, dukungan baik moral dan material dari orang tua siswa. Semua terlihat lega dan gembira. Indahnya berbagi dengan sesama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar