Selasa, 04 April 2023

Perkuat Hafalan Siswa, SD Muhammadiyah 8 Jagalan Gelar Mabit dalam Syiar Ramadhan 1444 H

Bulan Ramadan, bulan berkah, bulan yang paling dinanti setiap umat Islam, terlebih bulan Ramadan tahun ini, setelah lebih kurang 3 tahun menjalani Ramadan dalam suasana pandemi. Kesempatan ini tidak dilewatkan oleh berbagai sekolah untuk menyelenggarakan kegiatan Ramadan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah siswa-siswinya. 

Tak ketinggalan, SD Muhammadiyah 8 Jagalan Surakarta menyelenggarakan kegiatan Mabit (Malam Bina Iman & Takwa) untuk kelas 5 pada Jumat-Sabtu pekan lalu. Kegiatan yang diselenggarakan di gedung 2 SD Muhammadiyah 8 Jagalan dengan jumlah peserta 90 anak. 


Ketua Panitia Mabit, Rizal Hasan Saputra berharap kegiatan Mabit dapat menjadi sarana dalam memperkuat hafalan siswa (dengan mengakrabkan nada Nahawand kepada siswa), meluruskan miskonsepsi-miskonsepsi yang berkaitan dengan ibadah baik ibadah khusus di bulan Ramadan agar sesuai dengan HPT (Himpunan Putusan Tarjih), dan pembiasan-pembiasan positif termasuk saat makan maupun persiapan tidur.

Kegiatan ini mendapat respon positif dari siswa maupun wali siswa, karena selama pandemi pembelajaran dilaksanakan secara daring, beberapa wali siswa merasakan kesulitan dalam hal pembiasan ibadah putra-putrinya di rumah. Siswa turut merasa senang menjadi peserta Mabit, karena kegiatan ini merupakan kegiatan yang belum pernah dilakukan serta memberikan banyak tambahan pengetahuan dan pengalaman.

Sementara kepala SD Muhammadiyah 8 Jagalan Surakarta, Parimin Tedjo Pramono menyampaikan bahwa pendidikan karakter menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Maka dari itu, sekolah diharuskan untuk membangun peserta didiknya supaya menjadi siswa yang berkarakter. Salah satunya adalah mengadakan kegiatan Mabit.

“Semoga dari kegiatan ini anak-anak mampu bermuhasabah diri untuk lebih baik dari sebelumnya dan juga dapat menghargai waktu dengan baik,” tuturnya.

InsyaAllah dengan kegiatan ini anak anak memperoleh manfaat dan pengalaman yang luar biasa serta bertambah ketaqwaan nya kepada Allah SWT serta meningkat akhlak nya dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar