Rabu, 05 April 2023

Serunya Pesantren Ramadhan di SD Muhammadiyah 2 Surakarta

Selasa, 4 April 2023 diadakan Pesantren Kilat bulan Ramadhan di SD Muhammadiyah 2 Kauman, Surakarta (SD Mudaka) untuk kelas 4-5 A,B,C. Antusias siswa terlihat mulai saat diberitahu akan ada kegiatan tersebut. Rasa rindu menyemarakkan Ramadhan seperti sebelum pandemi begitu menggebu. Kegembiraan terpancar dari wajah anak-anak yang tulus mengikuti kegiatan sekolah.

Dimulai dari pukul 07.30 salat dhuha bersama. Setelah usai siswa tertib menuju kelompok masing-masing di beberapa tempat yang berbeda dengan ustadz/ustadzah pembimbing masing-masing.

Kegiatan mengevaluasi praktik wudhu, bacaan dan gerakan salat diikuti dengan penuh keseruan. Ada yang deg-degan, ada yang percaya diri, namun semua dibimbing dan diarahkan agar lebih baik.Pemutaran film Islami juga tidak kalah seru. Film "Sang Pencerah" menjadi pilihan agar anak-anak tercerahkan oleh perjuangan Kyai Ahmad Dahlan. 

Tadarus dan tilawah Alquran membuat hati menjadi tenang. Dilanjut setoran hafalan target juz ke-30 dan ke-29 agar bisa ikut wisuda tahfidz di akhir tahun pembelajaran. Setelah salat ashar mereka mandi dan bersiap untuk mendengarkan cerita / dongeng Islami dari Kak Ilham. Serunya mendengarkan cerita, siswa seolah lupa akan lelah, lapar dan haus. Senyum ceria masih mereka hadirkan selama kegiatan. 

Akhirnya yang ditunggu pun tiba. Kumandang adzan memberi tanda ifthar dilaksanakan. Setelah salat magrib berjamaah mereka menuju kelas masing-masing untuk menyantap hidangan yang telah disediakan oleh perwalian / paguyupan walimurid.

Kepala SD Mudaka, Taufik Saleh, S.Ag. menyampaikan bahwa kegiatan selama bulan Ramadhan utamanya untuk meningkatkan iman, takwa dan menanamkan kebiasaan-kebiasaan baik kepada siswa agar semakin kuat karakter siswa SD Mudaka yang cinta Alquran. Anak-anak diharapkan mampu mengambil hikmah dari dongeng Islami yang disampaikan Kak Ilham agar kuat puasanya, ikhlas, dan berpahala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar