Senin, 10 April 2023

WUJUDKAN TELADAN SBB, MODELSKA GELAR CHARACTER BUILDING RAMADHAN

Surakarta, Tim DM MODELSKA – Pada hari Jum’at (07/04/23) SMP Muhammadiyah 8 Surakarta melaksanakan kegiatan CBR (Character Building Ramadhan). CBR merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh tim AIK di bulan Ramadhan dengan tujuan memupuk karakter siswa versi SBB, tahukah kamu SBB itu? SBB yaitu siswa yang Sholatnya baik, Baca Al-Qur’annya baik, dan Birrul Walidain baik, kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas 7 dan 8.

Rangkaian kegiatan CBR diawali siswa mengisi daftar absensi, mendengarkan sambutan sambutan luar biasa dari Purmoko, S.Kom selaku Waka AIK dan Rusmanto, S.Pd.I., M.Pd.I. selaku kepala SMP Muhammadiyah 8 Surakarta, setelah sambutan dilanjutkan dengan inti kegiatan yaitu khataman “1 jam khatam 30 Juz” dengan teknis sebanyak 60 peserta dikelompokkan berpasangan, satu kelompok berisi dua orang yang memiliki kewajiban menyelesaikan 1 juz. Sembari menunggu adzan Sholat ashar berkumandang, melakukan sholat ashar berjamaah dan dilanjutkan melanjutkan kegiatan khataman kembali, kemudian tausiyah yang dibawakan oleh ustadz Purmoko, S.Kom sebagai pengingat agar menjadi muslim yang berkembang. Diakhir kegiatan, ice breaking membuat siswa merasa antusias mendengar motivasi islami yang dibawakan oleh ustadz Ahmad, S.Pd. dengan mengangkat tema “Sukses Versi Muslim/Muslimah” dibawakan dengan sedikit humor

(Foto; Siswa membaca Al-Qur’an berkelompok sesuai dengan program 1 jam 30 juz)

Kegiatan ini mendapat tanggapan positif dari Rusmanto, S.Pd.I., M.Pd.I. selaku kepala SMP muhammadiyah 8 Surakarta menuturkan “Kegiatan CBR (Character Building Ramadhan) ini memiliki makna membangun karakter di bulan Ramadhan, harapan saya siswa SMP Muhammadiyah 8 Surakarta sepulang kegiatan CBR ini mampu terbentuk karakter SBB, SBB yaitu Sholatnya baik, Baca Al-Qur’annya baik, dan Birrul Walidain”.

“Kegiatan Ramadhan lebih bermakna bagi Siswa SMP Muhammadiyah 8 Surakarta dengan hadirnya kegiatan CBR (Character Building Ramadhan), beberapa siswa pilihan perwakilan kelas akan menjadi pioner utama bagi teman-teman sekelasnya untuk menularkan kebaikan-kebaikan”, Ujar Purmoko, S.Kom selaku waka  AIK.

Pernyataan diatas terkait kegiatan CBR mendatangkan banyak positif vibes bagi siswa SMP Muhammadiyah 8 Surakarta yang mana kegiatan singkat memiliki arti penting dalam melatih kebiasaan baik seperti yang disampaikan bapak kepala sekolah menjadi generasi SBB (Sholatnya Baik, Baca Al-Qur’annya baik, dan Birrul Walidain) mampu terealisasikan dikehidupan sehari hari dan menjadi bekal di masa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar