Selasa, 23 Mei 2023

SMA Muhiska Gelar Olahraga Jumat Pagi

Jumat, 19 Mei 2023 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta menggelar senam Jumat pagi. Kegiatan senam dilaksanakan di halaman sekolah dan diikuti oleh seluruh guru karyawan dan mahasiswa PPL 2 PPG Prajabatan Biologi UMS.

Olah raga Jum'at pagi merupakan kegiatan  Humas yang berupa kegiatan rutin di Jumat 3 dalam setiap bulannya adalah Olah raga Jumat Pagi yang kebetulan kali ini diisi dengan senam.  Waka Humas Al Islam dan Kemuhammadiyahan, Dra. Willys Sari Listiyani, M.Pd., berujar "Kegiatan senam pagi bertujuan agar seluruh warga SMA Muhammadiyah 1 Surakarta senantiasa sehat dan semangat dalam menjalankan tugasnya."

Senam dimulai pukul 06.00 pagi dengan dipandu oleh instruktur senam sekolah, ibu Ratri Kusumaningrum, S.Pd. Dengan melakukan olah raga senam secara teratur akan membuat kesehatan dan perkembangan fisik menjadi baik dan seimbang. "Setiap olahraga tentu baik untuk kesehatan, selama hal itu dilakukan dengan cara yang benar dan tidak berlebihan." imbuhnya.

Senam sangat bermanfaat dalam mengembangkan komponen fisik dan kemampuan gerak (motor ability). Orang – orang yang terlibat senam akan berkembang daya tahan ototnya, kekuatannya, powernya, kelenturannya, koordinasi, kelincahan, serta keseimbangan. Apalagi  jika diimbangi dengan kegiatan yang menuntut sistem kerja jantung dan paru (cardio-vaskular system).

Senam diiyakini bahwa terdapat sumbangan yang sangat besar dari olah raga senam dalam meningkatkan self-concept (konsep diri). Ini bisa terjadi karena kegiatan senam menyediakan begitu banyak pengalaman dimana orang mampu mengontrol tubuhnya dengan keyakinan dan tingkat keberhasilan yang tinggi, sehingga memungkinkan membantunya membentuk konsep yang positif.

Berikut adalah beberapa manfaat senam yang harus kita ketahui bahwa "Gerakan senam yang dilakukan secara kontinyu dan berulang-ulang membuat jantung bekerja dengan lebih cepat. Bila dilakukan selama 20 menit, berarti telah memulai langkah sehat untuk meningkatkan kesehatan jantung."

Semoga dengan kegiatan senam Jumat Pagi seluruh warga SMA Muhammadiyah akan selalu sehat dan semangat dalam menjalankan tugasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar