Senin, 01 Mei 2023

SMP Muliska Mengadakan Pesantren Ramadhan Angkatan 3 Kelas IX membentuk generasi Beriman, Bertaqwa dan Beradab Di Era Modern

Sahabat Muliska,  Dalam rangka meningkatkan penghayatan ajaran agama islam khususnya tentang keimanan, ibadah, akhlak, Alquran, dan mengoptimalkan amalan di bulan suci ramadhan, SMP Muhammadiyah 5 Surakarta menyelenggarakan Pesantren Ramadhan yang dikemas dengan berbagai kegiatan agar tidak membosankan bagi siswa.   

Kepala SMP Muliska, Parwanto, S.Pd, mengungkapkan tema pada Pesantren Ramadhan tahun ini yaitu "Meningkatkan Kualitas Akhlak dan Ibadah Kaum Milenial di Era Digital."

Berlangsung sejak awal Ramadhan sampai 31 Maret 2023 diikuti oleh seluruh kelas VII berjumlah 110, dilanjutkan 6 April 2023 Kelas VIII seluruhnya 89 Siswa  dan 14 April 2023 Kl IX  seluruhnya 68 siswa mendatang, kegiatan berlokasi di Mushola SMP Muhammadiyah 5 Surakarta.  

Kegiatan pembelajaran reguler terus berlangsung dengan pengaturan waktu yang lebih singkat karena sekaligus dilaksanakan pesantren ramadhan.

Kedua kegiatan tersebut dikelola secara kolaboratif dengan pengaturan jadwal yang simultan.

Guru dan Karyawan diberi tugas untuk melakukan pembinaan dan pencerahan kepada siswa sesuai Halaqohnya masing-masing. Sehingga semua siswa bisa terlayani dengan baik," ungkap Aldila Siddiq Hastomo, M.PdI

Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sekaligus Wakasek PAI Dan Kemuhammadiyahan, menuturkan kegiatan Pesantren Ramadhan 1444/2023 tidak dilaksanakan secara monoton yang membuat siswa kurang bersemangat tetapi di isi rangkaian kegiatan yang menarik Kajian Seputar Remaja, Berbagi Takjil dan Sembako, Materi Thaharah, Mengurusi Jenazah dan berbuka puasa dan dilanjut kegiatan ibadah Sholat Taraweh dan Witir dilanjutkan motivasi dari Alumni Ustadz Hamdani Febri.

Adapun hal itu dilakukan sesuai arahan dari kepala sekolah.

"Kami mengemas pesantren Ramadhan 1444H/2023 dengan berbagai kegiatan seperti tadarus Alquran dan Sholat Dhuha dan bacaan Sholat  setiap awal kegiatan, ceramah interaktif, praktik memandikan dan mengafani jenazah oleh siswa, praktik menyolati jenazah, pentas seni islami, Muratalil Quran, azan bagi laki-laki, pidato islamidan membuat konten Ceramah Ramadahan dimedia Sosial, Ungkap. Parwanto, S.Pd.

Salam Muliska Berakhlaq Mulia Bermental Juara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar