Classmeeting merupakan agenda kegiatan yang dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya di akhir semester. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan tempat untuk mewadahi semua bakat dan minat peserta didik dalam bidang tertentu seperti olahraga, seni dan kreativitas lainnya yang dimiliki oleh peserta didik. Setelah beberapa bulan mengikuti Proses Belajar Mengajar (PBM) di kelas, akhirnya peserta didik SMA Muhammadiyah 1 Surakarta sudah menyelesaikan Penilaian Sumatif Akhir Tahun (PSAT) di tahun ajaran 2022/2023.
Setelah kegiatan ujian yang berlangsung beberapa hari tersebut, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan projek untuk semua peserta didik kelas X dan XI. Pembelajaran projek berlangsung selama dua hari di kelas bersama guru pendamping. Setelah materi dan karya dibuat, maka tibalah saatnya untuk melakukan gelar karya. Gelar karya dilakukan bersamaan dengan kegiatan classmeeting.
Pada hari Kamis-Jum’at, 8-9 Juni 2023 dengan dipandu oleh anak-anak Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) beserta pihak sekolah SMA Muhammadiyah 1 Surakarta bekerjasama menyelenggarakan kegiatan Classmetiing dengan berbagai lomba olahraga seperti pingpong, E-Sport ML, E-Sport FF, Balap karung, tarik tambang, dan estafet air. Setiap kelas wajib mengikuti seluruh perlombaan dengan menunjuk perwakilan kelas, sementara yang tidak ikut lomba menjadi suporter untuk kelasnya masing-masing. Perlombaan dilakukan di halaman sekolah dan beberapa ruang di sekolah. Kegiatan classmeting ini dilakukan untuk mengasah kemampuan anak-anak di luar bidang akademik, dan ajang untuk silaturahim antar kelas. Jadi dengan kegiatan ini diharapkan agar seluruh peserta didik dapat saling mengenal dan berlomba dengan sportif antar kelas, ujar Rabbani selaku ketua panitia kegiatan classmeeting ini.
Kemeriahan acara classmeeting ini tak lepas dari adanya dukungan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, yaitu Bpaak Suratman, S.Pd.I, beliau mengungkapkan “Semoga dengan adanya kegiatan classmeeting ini diharapkan dapat menjadi ajang silaturahim antar kelas baik kelas X maupun kelas XI. Meskipun pertandingan ini hanya diadakan antar kelas, tetapi marilah kita berpartisipasi dengan mengikuti lomba-lomba di classmeeting ini dengan semangat dan sportif tanpa ada kecurangan apapun agar acara classmeeting ini dapat berjalan dengan lancar”.
Antusias peserta didik juga terlihat dengan diikutinya semua cabnag lomba oleh seluruh kelas yang ada. Semua kelas saling melakukan yang terbaik agar menjadi juara dan mendapatkan hadiah yang telah disiapkan oleh sekolah. Dengan antusiasnya seorang peserta lomba E-Sport ML mengungkapkan “Senang banget bisa ikut lomba ini, selama ini kan Cuma main game asal-asalan, kalo sekarang dinilai, dan jika menang bisa dapat hadiah. Apalagi sudah lama tidak ada event kayak gini selama pandemi kemaren, ungkap Lukman yang merupakan salah satu anggota peserta sekaligus peraih juara II Lomba E-Sport ML.
Adapun pemenang dari masing-masing lomba classmeeting yang sudah dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut, yaitu sebagai berikut:
1. Pingpong: Juara 1 kelas XI.3, Juara 2 Kelas X.4, Juara 3 Kelas X.5
2. E-Sport ML: Juara 1 Kelas XI.4, Juara 2 Kelas X.3, Juara 3 Kelas X.6
3. E-Sport FF: Juara 1 kelas X.3, Juara 2 kelas XI.2, Juara 3 kelas X.4
4. Balap Karung: Juara 1 kelas XI.4, Juara 2 kelas XI.2, Juara 3 kelas XI.1
5. Tarik tambang: Juara 1 kelas XI.1, Juara 2 kelas XI.4, Juara 3 kelas X.2
6. Estafet air: Juara 1 kelas XI.1, Juara 2 kelas X.4, Juara 3 Kelas X.1
Selamat kepada seluruh juara, bagi yang belum masih ada kesempatan lagi tahun depan. Kalah menang tidaklah maalah, yang penting kalian semua su
dah berproses. Mari terus berlomba-lomba dalam kebaikan.
0 comments:
Posting Komentar