Kamis, 22 Juni 2023

GELAR KARYA & PAMERAN KULINER NUSANTARA MUPATSKA

Kurikulum Merdeka memberikan warna baru dalam dunia pendidikan, salah satunya dengan adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau yang biasa disingkat dengan istilah P5. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila memiliki 7 tema utama, yang mana Mupatska sebagai sekolah yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka pada kelas 7 dan 8 memilih 2 tema untuk semester genap Tahun Pelajaran 2022/2023. Tema tersebut yakni Bhinneka Tunggal Ika dan Kearifan Lokal. Di Mupatska P5 terdiri dari serangkaian kegiatan yang muaranya diwujudkan dalam bentuk gelar karya. Gelar karya tersebut dimaksudkan sebagai ajang untuk menampilkan dan mempromosikan hasil serta tujuan dari projek yang telah dilaksanakan.

Pada tanggal 20 Juni 2023, Mupatska menggelar perhelatan gelar karya P5 dengan tema Bhinneka Tunggal Ika dan Kearifan Lokal bertajuk “Jajanan Nusantara”. Acara ini menampilkan berbagai macam jajanan nusantara dalam dua bentuk yakni produk (barang) dan aksi (penampilan). Produk yang dimaksud adalah hasil kreativitas siswa dalam membuat produk dengan filosofi kebhinekaan Indonesia. Sedangkan untuk aksi atau penampilan dibagi menjadi beberapa  bidang yaitu bidang menari, menyanyi, fashion, pencak silat, make up, Stand Up Comedy dan Geguritan yang mana ketujuh bidang tersebut adalah bentuk pelestarian budaya kearifan lokal dari berbagai daerah di Indonesia.

Kepala SMP Muhammadiyah 4 Surakarta, Mahmudi Waluya, S.Pd. menyatakan kegiatan gelar karya ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran siswa sebagai pemuda generasi penerus bangsa yang sudah sepatutnya untuk cinta terhadap tanah air, menghargai keberagaman, dan turut serta dalam upaya pelestarian budaya terutama kearifan lokal. Gelar karya yang juga diikuti oleh seluruh warga sekolah ini sekaligus menjadi sarana sekolah dalam menjalin kerjasama yang baik dan memberikan gambaran mengenai P5 dalam proses pembelajaran pada Kurikulum Merdeka.

Acara yang berlangsung mulai pukul 08.00 WIB tepat ini digagas oleh tim P5 Mupatska yang terdiri dari bapak/ibu dewan guru koordinator dan fasilitator, bersama dengan panitia gelar P5 yang yang di ketuai oleh Bapak Agus Widodo, S.Pd. Kegiatan ini berakhir pukul 11.00 WIB, yang diakhiri dengan penampilan memukau dari tim menyanyi yang dikolaborasikan dengan tim tari yang luar biasa.

Semoga dengan adanya kegiatan ini bisa bermanfaat bagi seluruh warga Mupatska….. aamiin.

MUPATSKA JAYA, PRESTASI NYATA, PINTER NGAJI, TERAMPIL IT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar