Sabtu, 24 Juni 2023

Siswa SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Surakarta - Siswa-siswi kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surakarta baru-baru ini telah menggelar projek (P5) ketiga yang bertujuan untuk memperkuat profil pelajar Pancasila dengan tema "Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI" di ruang aula sekolah lantai 2, selasa (20/6/2023). 

Projek ini merupakan upaya mereka dalam mengembangkan pemahaman terhadap sains dan sosial.

Penelitan hasil mereka ada 15 diantaranya dengan judul: pemanfaatan pare menjadi tonner sebagai anti penuaan dini, pengaruh kesenjangan sosial terhadap kriminalitas, pemanfaatan limbah teh jadi sabun, filtrasi minyak jelantah, dan masih banyak yang lainnya.

Kepala Sekolah Sri Darwati, S.Pd, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan alasan mengangkat tema ini karena indonesia kaya dengan SDM (sumber daya manusia) dan SDA (sumber daya alam) yang bisa diolah menjadi bermanfaat bagi manusia.

"Limbah jadi bermanfaat, misal: limbah teh jadi sabun, filtrasi minyak goreng, dan masih banyak lagi", ucapnya.

Ada juga yang mengangkat sosiologi dan bahasa seperti pengaruh kesenjangan sosial terhadap kriminalitas dan mencegah pendangkalan bahasa jawa pada siswa melalui fragmen bahasa jawa.

Selain itu, Kepala Sekolah mengatakan gelar karya ini menunjukan kepedulian siswa-siswi yang hebat untuk kepedulian lingkungan, sedini mungkin untuk menjadi peneliti muda. Harapannya ketika masuk jenjang lebih tinggi tidak repot lagi karena sudah terbiasa melakukan penelitian.

Dalam projek ini, para siswa secara langsung mempresentasikan hasil karya mereka dihadapan guru dan siswa, dan hasilnya cukup memuaskan.

"Apresiasi untuk pembimbing dan fasilitator, bersinergi antar semuanya sehingga hasilnya memuaskan", ucapnya.

Acara ini juga dimeriahkan dengan band muhaska disela-sela kegiatan juga kelas XI menyediakan aneka jajanan seperti bakso goreng dan es puding sedot.

Acara berakhir pukul 13.00 setelah presentasi dari semua kelompok siswa selesai.

Penulis: Judin, S.Pd.I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar